HOME PROFIL Program Info Daftar

.

utamana jalma kudu rea batur keur silih tulungan silih titipkeun nyadiri budi akal lantaran ti pada jalma

Kamis, 24 Februari 2011

ABSTRAK

ABSTRAK
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL MELALUI PERTEMUANRUTIN KKG
DI KECAMATAN TANJUNGSARI - SUMEDANG

Oleh:

DAHYA SUDRAJAT•


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi dan mendeskripsikan kemampuan guru dalam menyusunan Ulangan semester ganjil melalui pertemuan rutin KKG. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kepengawasan dengan melibatkan 15 orang guru Kelas 5, yang dijadikan sempel penyusunan tes sumatif, berdasarkan kreteria penyusunan tes standar. Dari hasil survey sebelumnya mereka belum pernah menyusun tes berdasarkan kreteria / langkah-langkah penyusunan tes setandar. Mereka menyusun tes dengan mengadopsi soal tes dari bank sosl yang dimiliki dan disesuaikan dengan indikataor materi yang diajarkan di kelas.
Penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Tes yang sudah selesai dianalisis dan dinilai berdasarkan 3 parameter yang telah ditetapkan, antara lain : 1), aspek kesuasaian tes dengan tujuan pembelajaran, 2) aspek perilaku tingkat kesukaran Taxomi Blom ( C1 – C6), dan ke. 3), penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada tes obyektif. Sementara itu, untuk mengetahui aktivitas guru di dalam bekerja, peneliti melengkapi alat ukur dengan panduan observasi. Aspek yang diobservasi dalam kegiatan ini, terdiri dari 5 aspek kegiatan guru yaitu: a) aspek bahan, b), aspek keaktifan , c), aspek presentasi internal, d), aspek presentasi eksternal dan e), aspek panel pakar.
Berdasarkan kreteia tersebut di atas, dari siklus I dan siklus II rata-rata skor menunjukkan peningkatan, dari rata-rata skor 65.4 ke skor 75.3. itu berarti upaya guru Kelas 5 dalam menyusun soal ulangan sudah signifikan dan mereka sudah sangat berupaya untuk bisa membuat tes yang layak. Dalam siklus I ada 2 orang guru belum tuntas, maka dilanjutkan kesiklus II untuk menuntaskan sekaligus memberikan pengayaan bagi yang sudah tuntas..
Dari hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan kualitas dengan hasil rata-rata kemampuan guru Kelas 5 dalam menyusun soal ulangan semester ganjil dari rata-rata skor 65.4 menjadi skor 76.43 dengan peningkatan sebesar 25 %
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pertemuan rutin KKG dalam penyusunan soal ulangan semester ganjil guru-guru Kelas 5, telah berhasil membuat tes standar ( layak ) berdasarkan kreteria yang ditetapkan. Mudah-mudahan guru di KKG Kecamatan Tanjungsari dalam melaksanakan tes formatif, tes semesteran, dan ujian sekolah serta lainnya tidak lagi mengadopsi soal yang ada (bank soal).

Kata kunci : Penyusunan Soal Ulangan : Melalui Pertemuan rutin KKG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar